Dalam permainan rubik, ada gerakan-gerakan memutar sisi. Nah, kumpulanpergerakan memutar suatu sisi untuk tujuan tertentu, dinamakan dengan Algoritma.
Gambar dibawah ini adalah pengenalan dasar untuk memahami simbol-simbol atau istilah-istilah yang digunakan dalam suatu Algoritma nantinya.
Misalnya,
- Yang dimaksud L adalah sisi kiri yang diputar searah jarum jam
- Yang dimaksud R adalah sisi kanan yang diputar searah jarum jam
- Yang dimaksud U adalah sisi atas yang diputar searah jarum jam
- Yang dimaksud F adalah sisi depan yang diputar searah jarum jam
Kemudian untuk putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam, digunakan tanda aksen ( ' ), seperti : L' R' U' dan F'.
- Untuk huruf kecil f,r,u,l, maka maksudnya adalah di putar 2 sisi bersama-sama dengan sisi center.
- Jika di jumpai simbol X , maka maksudnya adalah memutar keseluruhan rubik ke atas sehingga warna putih menjadi didepan, seperti gambar dibawah ini :
Langkah 1 : Membuat cross putih, setiap kaki cross harus terorientasi dengan center di samping putih.
Langkah ini diawali dengan mencari center kuning, kemudian buatlah warna putih mengelilingi center kuning tersebut. (seperti gambar diatas).
A. Letakkan "+" (center kuning yang dikelilingi warna putih tersebut) di bawah, kemudian samakan sisi balok putih dengan warna sisi kubus.
B. Putar sisi tersebut sehingga warna putih menjadi diatas.
C. Lakukan di ke tiga sisi lainnya.
Hasilnya akan seperti gambar di atas ini.
Jika terjadi kondisi seperti yang di atas gunakan algoritme F U’ R U
Langkah 2 : Membuat "putih jadi semua" terorientasi setiap Layer 1 sama dengan center di samping putih
R U R’ F’ U’ F F’ U’ F U F’ U’ F
R U2 R’ U’ R U R’ R U R’ U’ R U R’
Langkah 3 : Membuat layer 2 terorientasi dengan center
Cari edge (ujung tepi tengah) di sisi U (atas) yang tidak ada warna kuning
1. Gambar di atas adalah edge merah hijau yang akan di pindahkan ke kanan, maka algoritme nya :
U R U’ R’ U’ F’ U F
2. Jika edge merah hijau tsb akan dipindahkan ke kiri, gunakan algoritme
U’ L’ U L U F U’ F’
R U’ R’ U’ F’ U F
lalu putar sisi U untuk mendapatkan
kondisi yang seperti nomor 1 atau 2.
Langkah 4 : Membuat cross kuning
Langkah 5 : Membuat warna kuning jadi semua
Ada 2 cara untuk menjadikan warna kuning
1. Gunakan algoritme R U R’ U R U2 R’
2. Cara di bawah ini adalah cara cepat membuat kuning
Langkah 6 : Mengorientasikan corner ( Headlight )
Gambar di atas adalah headlight, jika ada satu, letakan di sisi kiri.
gunakan Algoritme : R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L
Jika tidak ada headlight gunakan algoritme di atas
Sampai di temukan headlight.
Lakukan algoritma di atas ( pilih salah satu ), lalu putar sisi U untuk mendapatkan patern yang ada di atas, lalu lakukan algoritme sesuai patern yang di dapatkan.
Sumber http://abuayaz.blogspot.co.id/2010/07/menyelesaikan-rubik-3x3-untuk-pemula.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar